PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Rabu, 24 April 2013

SILATURAHMI PENGELOLA PLIK NANGGULAN 2 KE RUMAH PINTAR SIKIB HARGOTIRTO KOKAP





Dalam rangka mencari inspirasi baru dalam meningkatkan layanan PLIK pengelola PLIK Nanggulan 2 beranjang sana bersilaturahmi ke Rumah Pintar Sikib Hargotirto Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo bersama keluarga.
Sekilas Rumah Pintar Hargotirto sebagai berikut:
Berawal dari ide dan pemikiran Ibu Negara untuk turut berperan dalam mensejahterakan bangsa, maka Ibu Negara bersama Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) menggagas Program Indonesia Pintar. Tujuan utama dari Program Indonesia Pintar adalah mewujudkan masyarakat berpengetahuan, masyarakat sejahtera (welfare society) dan masyarakat yang beradab (civilized society).

Salah satu kegiatan Indonesia Pintar adalah Program Rumah Pintar. Program ini merupakan pusat pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan taraf hidup menuju masyarakat sejahtera. Rumah Pintar sebagai sarana pemberdayaan masyarakat dapat mewadahi berbagai kegiatan dimulai dari pendidikan anak usia dini, remaja, kaum perempuan juga kelompok lanjut usia. Diharapkan melalui Rumah Pintar terbangun masyarakat cerdas, inovatif, kreatif, mandiri yang sejahtera.

                     Fasilitas hotspot area di sekitar Rumah Pintar Hargotirto

                                                             Visi
Mewujudkan masyarakat yang sejahtera melalui pengetahuan dan keterampilan. 
                                                              Misi
 
Misi yang dijalankan oleh Program Rumah Pintar adalah:
  1. Meningkatkan minat baca masyarakat
  2. Mengembangkan potensi anak usia dini
  3. Memberantas buta aksara
  4. Mengembangkan ketrampilan masyarakat berbasis potensi lokal
  5. Mengenalkan teknologi dan informasi
  6. Melestarikan budaya setempat 
                                                       Tujuan
    Tujuan dari kegiatan Rumah Pintar adalah:
    1. Menciptakan masyarakat yang berpengetahuan
    2. Memberdayakan masyarakat
    3. Menjangkau masyarakat yang belum terjangkau layanan pendidikan
    4. Membantu pemerintah dalam memberikan pemerataan pendidikan
    5. Meningkatkan angka partisipasi masyarakat terhadap pendidikan
    6. Memberikan peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat
    7. Meningkatkan taraf hidup masyarakat
                                                     Sasaran
    Sasaran dari program Rumah Pintar adalah kelompok masyarakat yang terdiri dari anak-anak , remaja, kaum perempuan dan lansia
    Rumah Pintar adalah "Rumah Pendidikan" untuk masyarakat berfungsi bagi :
    1. Anak-Anak
      Mengenalkan teknologi baru dan memberikan pelayanan pendidikan guna mengembangkan potensi yang dimiliki anak secara optimal sehingga dapat menjadi generasi yang berkualitas di masa mendatang.
    2. Wanita
      Pemberdayaan kaum perempuan dengan segala potensi yang dimiliki melalui pelatihan dan pendidikan di sentra-sentra, khususnya sentra kriya.
    3. Ekonomi Keluarga
      Mengembangkan keterampilan berbasis potensi lokal, diharapkan masyarakat mampu memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran.
    4. Pengembangan Sosial Budaya
      Sebagai tempat untuk memacu kreativitas guna mempertahankan dan melestarikan budaya lokal.
    5. Pengembangan Kewirausahaan
      Menumbuhkembangkan masyarakat untuk memiliki kemampuan dalam berwirausaha. Termasuk di dalamnya menciptakan peluang kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar sehingga tercipta masyarakat yang sejahtera.
                                                    BENTUK LAYANAN
    Program Indonesia Pintar di rancang dengan berbagai fasilitas minimal sbb:
    1. Sentra buku, adalah tempat yang ditata dengan berbagai jenis buku minimal memiliki 3000 - 5000 eksemplar. Bertujuan mengembangkan minat baca dan pengetahuan bagi anak-anak dan warga belajar.
    2. Sentra Bermain & Permainan adalah tempat yang ditata dengan berbagi Alat Permainan Edukatif ( APE) bagi Anak Usia Dini untuk mengembangkan semua potensi dan kreatifitas serta imajinasi anak melalui pengembangan kecerdasan jamak (multiple intelligence).
    3. Sentra Komputer adalah tempat yang ditata dengan menyediakan minimal 3-5 buah komputer. Bertujuan mengenalkan teknologi untuk anak-anak dan remaja.
    4. Sentra Audio Visual/Panggung adalah tempat yang ditata dengan menyediakan peralatan audio visual dan panggung, bertujuan untuk mengembangkan potensi inner dan intrapersonal anak guna membangun rasa percaya diri, menggali kreativitas dan keberanian anak-anak dalam mengekplorasi bakat dan minatnya.
    5. Sentra Kriya adalah wadah yang menyediakan berbagai aktivitas yang dirancang untuk memberikan keterampilan hidup dan keterampilan vokasional bagi masyarakat. Dengan adanya sentra kriya diharapkan tercipta perluasan peluang usaha dan peluang kerja bagi masyarakat setempat. Muara program ini adalah pada pengembangan jiwa kewirausahaan, pengenalan lingkungan, penggalian budaya pada anak-anak dan masyarakat setempat.
                                                MEKANISME LAYANAN
    1. Rumah pintar membuka layanan setiap hari, kecuali hari libur
    2. Kegiatan dilakukan selama 3-6 bulan dalam 1 kali putaran /periode
    3. Waktu layanan berlangsung 2 jam /perhari dan bersifat fleksibel
    4. Memiliki Program kegiatan yang terencana untuk masing-masing kelompok sasaran (anak-anak, remaja,kaum perempuan dan lansia)
    5. Memperhatikan rasio antara tutor dan peserta didik
    6. Melakukan evaluasi perkembangan peserta didik pada setiap akhir program.
    7. Bersifat proaktif ke masyarakat
     
     


1 komentar: