PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Saturday 17 January 2015

Empat Makanan Asli Kulon Progo Yang Kondang Kaloko


Kulon Progo memiliki makanan tradisional yang banyak di cari orang. Terbuat dari bahan sederhana tanpa pengawet membuat aneka olahan ini tidak bisa bertahan lama.
Dengan banyaknya pasar dan toko oleh-oleh, kini untuk menemukan kuliner khas tersebut tidaklah sulit. Bahkan ada satu tempat yang bisa menyajikan seluruh aneka olahan tersebut. Jadi buat kamu yang ingin berburu kuliner tidak perlu kuatir.
Tapi kalau mau benar-benar menemukan suasana asri bisa datang ke pasar tradisional. Biasanya yang masih menjajakan makanan ini dengan cita rasa tempo dulu adalah nenek-nenek yang dijual dengan bungkus daun.
Berikut 4 makanan asli Kulon Progo yang harus dicicipi: 


1. Geblek
Geblek adalah ciri khas atau kuliner khas Kulon Progo dan terbuat dari tepung tapioca dengan bumbu bawang putih. Bentuknya bulat-bulat berwarna putih dengan rasa kenyal atau alot. Sangat nikmat saat dinikmati dengan pasanganya berupa tempe begok.



2. Tempe benguk
Tempe benguk ini pada prinsipnya sama dengan tempe pada umumnya, hanya saja bahan pembuatnya adalah tempe koro. Biasanya dimasak dengan cara di “sengek” atau bumbu santan. Rasanya sangat gurih dan pas sebagai teman makan geblek.



3. Growol
Growol terbuat dari ketela singkong dengan rasa khas yang kadang bisa membuat seseorang nyengir karena aromanya. Tapi setelah mencoba pasti akan menghiraukan bau itu. Sebelum pada proses penggilingan singkong akan dibersihkan kulitnya kemudian dicuci hingga bersih.
Setelah itu direndam selama 3 hari baru diolah dan kemudian dikemas dengan keranjang bambu. Untuk ukuran makanan jadul growol termasuk bisa tahan lama karena bisa bertahan selama 4 hari.
4. Cenil atau Cetot
Memiliki ciri khas warna-warni dan bentuk lucu dengan taburan kelapa. Rasanya manis karena taburan gula pasir yang ada diatasnya. Bentuknya saat ini tidak lagi monoton, bisa berbentuk bulat-bulat atau bisa juga berbentuk lonjong. Makanan unik ini terbuat dari sari pati ketela pohon. Di beberapa tempat ada yang mengatakan bahwa cenil ini memiliki nama lain cetot.

Selain 4 makanan asli Kulon Progo diatas sebenarnya masih ada beberapa kuliner lain yang tak kalah jadul dan terkenal. Tapi sebelum mencoba yang lain ada baiknya menuntaskan dengan 4 itu dulu. 

No comments:

Post a Comment