PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Friday 21 June 2013

PERPUSTAKAAN PLIK NANGGULAN 2 MASIH MINIM KOLEKSI BUKU


Perpustakaan PLIK Nanggulan 2 di desa Banyuroto, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, minim koleksi buku sehingga membutuhkan penambahan aneka bacaan serta fasilitas pendukung lainnya.
Pengelola Perpustakaan PLIK Nanggulan 2 Banyuroto, Sutrisno Hadi, mengungkapkan perpustakaan itu didirikan secara swadaya pada Maret 2011 lalu. Ide awal pendirian karena dirinya suka membaca dan mengoleksi buku bacaan pribadi.
"Jumlahnya memang tidak banyak, tapi saya berpikir akan lebih bermanfaat kalau buku itu bisa juga dibaca orang lain" kata Sutrisno kepada Pewarta Rakyat Banyuroto.
Secara kebetulan ada kegiatan KKN dari sebuah Universitas yang menyumbang sejumlah buku.
Bermodal 100 eksemplar, Sutrisno memanfaatkan ruang tamu rumahnya yang berada di tepi jalan raya Wates-Sribit Km 7, Watukodok, Banyuroto, Nanggulan untuk membuat Perpustakaan guna melengkapi fasilitas PLIK Nanggulan 2.
Fasilitas yang digunakan pun seadanya, Ia membuat dua buah rak buku ukuran medium tempat meletakkan buku. sebagai tempat membaca, ia menghamparkan tikar dan menyediakan meja pendek agar warga bisa membaca sambil lesehan.

Buku-buku yang ada masih sebatas pengetahuan umum, agama dan buku anak. " karena keterbatasan jumlah buku, saat ini kami baru melayani baca di tempat, dan belum bisa dibawa pulang," tambah Sutrisno
Pengunjung Perpustakaan adalah warga sekitar yang kebanyakan petani dan anak-anak. Apalagi, rumah tersebut juga menjadi Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) Nanggulan 2. Jenis bacaan yang diminati petani adalah pengetahuan pertanian, sedangkan anak-anak adalah buku cerita bergambar.

Sutrisno berharap bisa mengembangkan dan membesarkan Perpustakaan tersebut untuk ikut mencerdaskan warga di wilayah itu. Untuk itu, ia masih kesulitan menambah koleksi buku dan sarana prasarana pendukung lainnya.
" Kami akan sangat senang jika ada yang membantu" tandasnya.
Nur, seorang anak warga setempat mengaku senang membaca di perpustakaan tersebut, karena dirumahnya, ia tidah pernah dibelikan buku oleh orang tuanya yang seorang petani. " Sudah babyak buku yang saya baca disini, bahkan ada yang berulang-ulang, karene saya senang membacanya," kata dia.

Untuk Donasi Buku Bacaan bisa disampaikan langsung/via pos ke Perpustakaan PLIK Nanggulan 2  Jl.Wates-Sribit Km.7 Watukodok, Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta 55671. atau jika berkenan untuk wilayah Yogyakarta kami akan menjemputnya dengan senang hati,dengan contac person 0274-8374836 a/n Sutrisno

No comments:

Post a Comment