PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Saturday 20 July 2013

The Jewel Of Java


KULON PROGO
The Jewel Of Java


LATAR BELAKANG
Pentingnya membangun brand telah dilakukan Kulon Progo yang merupakan bagian wilayah dari Daerah Istimewa Yogyakarta melihat beberapa aspek dan tujuan demi kemajuan Kulon Progo di masa yang akan datang. Beberapa aspek yang mendorong Kulon Progo melakukan branding adalah sebagai berikut:
1. Secara geografis Kulon Progo berada pada wilayah strategis dimana
Kulon Progo terbagi atas 3 bagian,dataran tinggi, perbukitan dan
dataran rendah juga berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.
Kondisi ini memiliki potensi-potensi alam yang luar biasa. Potensi alam
Kulon Progo merupakan aset yang layak dikembangkan secara
maksimal
 untuk kemajuan Kulon Progo.

2.
Perkembangan teknologi dan informasi mendorong munculnya kompetisi
antar daerah untuk saling mempromosikan diferensiasi daerahnya
dengan tujuan trade, tourism atau investment (TTI). Dengan ciri
khas Kulon Progoyang memiliki sumber daya alam berlimpah dan
didukung kekayaaan seni budaya serta kearifan lokal masyarakat
Kulon Progo yang unik menjadikan Kulon Progo siap bersaing
 sebagai daerah investasi multi potensi yang tepat bagi investor.
3. Potensi-potensi yang dimiliki Kulon Progo sebagai daerah investasi
bagi investor lokal maupun mancanegara diharapkan akan mampu
mendorong pertumbuhan ekonomi, kemajuan dan kemakmuran
 masyarakat Kulon Progo. Kulon Progo melihat bahwa langkah
branding merupakan langkah tepat untuk mencitrakan dan
mempromosikan Kulon Progo sebagai daerah yang unik,
terbukadan siap untuk perubahan.
MISI BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java
Mempunyai satu misi untuk mempromosikan Kulon Progo tidak hanya
 sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta melainkan Kulon Progo berusaha mencitrakan diri sebagai daerah yang memiliki multi potensi alam yang didukung oleh sumber daya manusia yang diharapkan mampu menarik para investor. Upaya branding ini dilakukan sepenuhnya unttuk kesejahteraan kehidupan masyarakat Kulon Progo.
VISI BRAND Kulon Progo : The Jewel of Java
Memiliki visi untuk menjadikan Kulon Progo sebagai "Permata dari Pulau
Jawa" dengan segala potensi-potensi Kulon Progo (baik kekayaan sumber
daya alam, seni budaya, dan pariwisata) sebagai daerah yang tepat untuk investasi.

ELEMEN NAMA BRAND
Kulon Progo : The Jewel of Java didesain dengan penuh arti dan makna yaitu membawa spirit nilai-nilai kearifan lokal masyarakat Kulon Progo yang memiliki keunikan dan kreativitas dan didukung kekayaan alam yang berlimpah. Kulon Progo yang berada di tengah pulau jawa menyimpan kekayaan alam yang masih dapat di eksplorasi secara maksimal. potensi terpendam inilah yang bila dikembangkan dan diasah dapat mewujudkan Kulon Progo sebagai " The Jewel of Java" seutuhnya. Semangat ini memprsentasikan kesiapan terhadap kompetensi daerah pembangunan ekonomi dan keterbukaan pada perubahan serta modernisasi tanpa meninggalkan keunikan dan norma-norma tradisi yang kental sebagai kekayaan orisinil Kulon Progo.

NAMA
Berdasarkan sejarah Kulon Progo merupakan penggabungan antara Kabupaten Kulon Progo dan kabupaten Adikarta. Penilisan "Kulon Progo" yang disambung pada logo menunjukkan bahwa Kulon progo merupakan Satu kesatuan daerah yang tidak terpisahkan. Penggabungan nama juga akan mempermudah dalam penyebutan dan lebih mudah untuk diingat.

FILOSOFI LOGO
Pada dasarnya keseluruhan logo Kulon Progo melambangkan potensi alami (natural), unsur etnisitas dan budaya yang dibalut kearifan lokal serta dimanisasi atau keluwesan untuk menerima perubahan dan pembaharuan
 yang mengembangkan daerah Kulon Progo. Hal itu tampak pada:
1. Huruf "K" yang membentuk alur memanjang vertikal-horisontal seperti
 sebuah keris. Melambangkan Kulon Progo sebagai daerah yang kaya
 nilai kebudayaan dan kesenian jawa. Huruf "K" yang juga
memanjang ke bawah tulisan Kulon Progo mengibaratkan bahwa
 Kulon Progo memiliki kekayaan potensi alam yang dapat menopang
kehidupan masyarakatnya.
2. Huruf "P" dengan lekuk yang tegas melambangkan kepala
 Elang Jawa menunjukkan nilai keteguhan, keberanian dan
komitmen Kulon Progo
 sebagai daerah yang melindungi keanekaragaman hayati.
3. Huruf "G" dibuat mengesankan sisi kendi yang ada disetiap rumah di
 Kulon Progo. kendi merupakan perlambang keramahan, penerimaam,
 dan nilai kekeluargaan yang tumbuh dan berkembang dalam kultur
 kehidupan masyarakat Kulon Progo yang selalu menjunjung tinggi
tradisi serta kebudayaan.
4. Huruf "O" diakhir kata dimodifikasi menjadi bentuk permata dengan
 kilauan warna pelangi yang melambangkan potensi-potensi yang
dimilikioleh Kulon Progo. Secara kesatuan melambangkan daerah
Kulon Progoyang ibarat sebuah permata yang siap di kembangkan
 potensinya. Secara keseluruhan kulon Progo sebagai kesatuan
wilayah dan masyarakatnyayang tak terpisahkan.


Sumber : kulonprogokab.go.id

No comments:

Post a Comment