-
Pemerintah
indonesia mencanangkan program Strategi
Nasional Inklusif
(SNKI) pada bulan juni 2012, yang salah satu programnya adalah
Brancchless Banking.
Surat Edaran Otoritas Keuangan (SEOJK) No 6/SEOJK.03.2015 mengenai layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif oleh Bank pada tanggal 6 februari 2015.
LATAR BELAKANG
Faktor Masyarakat :
- Jarak yang jauh ke kantor bank.
- Pendaftaran rendah.
- Dokumen identitas
- Bukan
untuk masy kecil
- Pendirian
kantor cabang.
-
Laku
Pandai singkatan dari “
Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan inklusif
” , yaitu Program pengembangan perbankan dan/atau layanan keuangan
lainya melalui kerjasama dengan pihak lain ( Agen Bank ) dan didukung
oleh penggunaan sarana teknologi informasi.
” Branchless Banking : Layanan keuangan tanpa kantor.
” Keuangan Inklusif : Upaya pengurangan hambatan masyarakat untuk menggunakan layanan perbangkan.
Model Laku Pandai
- Nasabah bisa bertransaksi seperti info saldo, beli pulsa, bayar tagihan dan kirim uang langsung melalui hape.
- Agen
menggantikan peran bank yaitu untuk pembukaan
rekening, tarik tunai dan setor saldo.
Tentang Btpn Wow
BTPN
WOW adalah
layanan Perbankan Plus yaitu layanan perbankan umum seperti pembukaan
rekening, penyetoran dan penarikan kas,
mengirim
dana secara elektrik, pembayara tagihan dan pembayaran pulsa,
Semuanya
dilakukan melalui jaringan seluler dan telefon genggam ( HandPhone )
dengan biaya yang sangat ringan.
No comments:
Post a Comment