PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Sunday 22 May 2016

Mengembangkan Peran Radio Komunitas di Desa

Suasana Begadang Memperbaiki Antena Radio Komunitas di PLIK Nanggulan 2 Desa Banyuroto


Radio, sebagai media informasi memiliki sejumlah peran dan fungsi. Sifat dari peran dan fungsinya tidak kaku, melainkan dapat berkembang dan disesuaikan sesuai situasi dan kondisi. Peran = menjelaskan atau membedakan suatu posisi tertentu daripada posisi yang lainnya.
Fungsi = menjelaskan hal-hal yang dilakukan/yang diperankan.
Contoh : Proses pembuatan film. Peran seorang Produser membiayai pembuatan film. Peran sutradara mengatur alur cerita dan pemeranan para aktor. Peran aktor berfungsi menjalankan skenario.
Peran dan Fungsi.
Media informasi dan komunikasi adalah suatu peran yang dimiliki radio. Fungsinya untuk menyalurkan informasi dari sumbernya ke para penggunanya. Semua media informasi dan komunikasi memiliki fungsi yang mirip, yaitu mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan informasi dan komukasi ke berbagai pihak dan lokasi.
Informasi yang disebar dapat menimbulkan efek positif dan negatif. Artinya, sebuah berita yang disebar dapat memberikan 2 efek berbeda :
1.Mendorong kekisruhan sehingga memicu konflik sosial.
2.Menenangkan dan mendamaikan suasana.
Ke-2 peran sangat berbeda ini dilakoni radio melalui satu fungsi sama yakni : penyebaran informasi.

Ragam Peran Rakom, antara lain:
a. Peran Perdamaian, menjalankan fungsi, antara lain : Liputan berorientasi pada pencapaian “win-win solution”. Berempati & menyuarakan semua pihak, melihat konflik sebagai masalah dan proaktif untuk pencegahan serta fokus pada dampak yang tak terlihat, Membeberkan ketidakbenaran.
Fokus pada orang-orang yang membawa perdamaian serta menyoroti prakarsa perdamaian. Dll.

b. Peran Media Monitoring Pembangunan Partisipatif oleh Masyarakat, menjalankan fungsi, antara lain : Meliput pembangunan, Mengumpulkan bahan terkait pembangunan, Mengadakan diskusi baik, Dll.
c. Peran Media Pendidikan, menjalankan fungsi, antara lain: Mengumpulkan bahan pendidikan formal maupun informal, Menyiarkan paket pendidikan, Mengadakan acara interaktif atau diskusi, Dll.
d. Peran Media Informasi dan Komunikasi, menjalankan fungsi, antara lain : Melakukan reportase ke komunitas, Mengumpulan bahan dari luar komunitas, Membacakan berita dan informasi dari pihak lain, Dll.
e. Peran Media Hiburan, menjalankan fungsi, antara lain : Mengumpulkan lagu-lagu, dongeng, kuis dan paket hiburan, Menyiarkan paket paket hiburan tersebut, Mengadakan acara off air, seperti panggung musik, Dll.
Radio Komunitas adalah radio yang dibentuk dari, oleh, untuk dan tentang komunitas. Peran dan fungsinya dapat berkembang dan dapat disesuaikan sesuai tujuan, situasi dan kondisi atau potensi yang ada.

No comments:

Post a Comment