PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Sunday 14 October 2012

PLIK NANGGULAN 2 LUNCURKAN GERAKAN INTERNET RAKYAT MANDIRI



Permintaan akan kebutuhan akses internet di Indonesia dilaporkan meningkat pesat sejak tahun 2001. Tersedianya beragam pilihan koneksi dari mulai dial-up, ADSL, nirkabel hingga koneksi berbasis satelit (VSAT) membuat masyarakat (end user) pengguna internet semakin memiliki banyak pilihan.
Selain beragam pilihan koneksi, turunnya tarif berlangganan internet turut meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan jasa internet. Salah satu penyedia jasa internet melalui jaringan TV Kabel bahkan mematok tarif sekitar 100 ribu per-bulannya tanpa batasan kuota data atau waktu dengan kecepatan 384 Kbps.
Tarif semurah ini sungguh sulit dibayangkan sebelum tahun 2007. Sedangkan dari segi kualitas, walaupun tidak dapat dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, namun telah nampak adanya perbaikan-perbaikan dari segi layanan. Cakupan wilayah (coverage area) juga menentukan perkembangan industri komunikasi data ini. Satu faktor yang tidak kalah pentingnya adalah perkembangan teknologi infrastruktur jaringan internet.
Ada fenomena yang berkembang di Indonesia sejak tahun 2002 mengenai alternatif infrastruktur jaringan internet skala kecil yang dapat diterapkan pada lingkungan perumahan. Entah siapa yang pertama kali menamakannya namun istilah RTRWnet kerap dikaitkan dengan infrastruktur jaringan internet skala kecil tersebut. Sebagian mengatakan kata RTRWnet diadopsi dari skala jangkauan infrastrukturnya yang hanya menjangkau kawasan RT dan RW, sebagian lagi mengaitkan istilah RTRWnet dengan pembangunan jaringan internet yang melibatkan unsur warga didalam lingkungan RT atau RW.
Fenomena RTRWnet telah menumbuhkan semangat swadaya masyarakat sekaligus mengubah anggapan bahwa kepemilikan infrastruktur komunikasi hanya didominasi oleh pihak investor besar. Pada RTRWnet, masyarakatlah yang menjadi pemilik infrastruktur jaringan data ini.
Dengan semangat itulah mulai linkungan PLIK Nanggulan 2 digalakkanya gerakan internet rakyat mandiri ( irama net) dengan mengilhami terobosan RT Rwnet dengan membangun infrastruktur jaringan sendiri.

No comments:

Post a Comment