PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Monday 24 November 2014

Salak pondoh menoreh sebagai Oleh-Oleh Khas Kulon Progo

                      foto harian jogja Sabtu, 11 Oktober 2014

Salak pondoh menoreh sebagai Oleh-Oleh Khas Kulon Progo
Salak Pondoh selama ini dikenal sebagai salah satu komoditas primadona khas Kabupaten Sleman. Namun, siapa yang menyangka apabila komoditas tersebut juga dimiliki Kulonprogo dengan nama Salak Pondoh Menoreh.
Salak Pondoh Menoreh menjadi tanaman unggulan dan khas Dusun Sabrang Kidul, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo.
Secara umum bentuk salak pondoh menoreh tidak jauh berbeda dengan Salak Pondoh. Hanya saja secara ukuran, salak tersebut cenderung lebih besar dibandingkan salak pondoh asal Sleman.
Soal rasa, salak pegunungan itu juga cukup unik. Pasalnya, rasa Salak Menoreh tidak hanya manis tetapi juga sedikit asam.
Rasa salah pondoh menoreh cenderung nano-nano, ada manis, agak asam sedikit dan sepet [masam]. Tapi dari ukuran buah lebih besar.
Salak Pondoh Menoreh berasal dari persilangan antara Salak Pondoh Sleman dengan salak pegunungan.
Perkawinan silang dari kedua tanaman itu menghasilkan varietas buah yang lebih unggul secara bentuk atau ukuran. Bahkan, secara rasa memberikan keunikan tersendiri yang kemudian menjadi ciri khas salak asal Pegunungan Menoreh.
Pada intinya, perkawinan silang salak tersebut dilakukan dengan menyilangkan salak pondoh Sleman dengan salak pegunungan. Penyerbukannya dari salak pegunungan.
Salak Menoreh yang dibudidayakan di desa tersebut kini terus dipasok ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Namun sebagian besar produksi Salak Menoreh banyak diambil pedagang besar untuk dipasarkan ke Sleman.
Di sini Ada 115 kepala keluarga di desa ini dan sebagian besar bekerja menggarap lahan salak. Luas lahan yang ditanami pohon salak ada sekitar 60 hektare sampai 70 hektare
kebun salak tidak hanya ada wilayah Dusun Sabrang Kidul. Bahkan, persebaran kebun salak tersebut merata di seluruh Desa Purwosari yang notabenenya berada di kawasan perbukitan Menoreh.
Hampir semua dusun ada kebun salak. Tapi memang paling banyak di Dusun Sabrang Kidul. Dari segi harga juga tidak jauh beda dengan salak pondoh Sleman. Di sini juga kalau sekali panen untuk satu hektar bisa sampai empat kuintal, itu kalau pas musimnya bagus dan cukup air.
Salak pondoh menoreh yang menjadi oleh-oleh yang khas dari Kulon Progo Yogyakarta memang mudah di temui di obyek-obyek wisata di daerah Kulon Progo Yogyakarta dan sekitarnya.Salak pondoh menoreh menjadi favorit sebagai oleh-oleh khas Kulon progo Yogyakarta yang membuat banyak pedagang yang menjajajakanya. Deretan produsen dan pedagang salak pondoh menoreh dengan mudah dapat kita temui di Sekitar Gua Kiskenda Desa Jatimulyo dan Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo. Karena di daerah ini adalah Obyek wisata dan jalan utama wisata menoreh yang mempunyai jalur perjalanan via perbukitan menoreh dari Soroloyo samigaluh, Gua Kiskenda, waduk sermo dan pantai Glagah .Salak pondoh menoreh yang besar-besar harganya akan lebih mahal bila di bandingkan dengan Salak pondoh menoreh yang kecil-kecil. Walaupun hal ini tidak mempengaruhi kwalitas Salak pondoh menoreh tersebut.
Harga Salak pondoh menoreh akan sangat terpengaruh oleh musim panen Salak pondoh menoreh. Seperti komoditi lainya Salak pondoh menoreh terpengaruh harga naik saat bukan musim panen Salak pondoh menoreh. Di saat itu terkadang permintaan Salak pondoh menoreh meningkat karena mungkin bertepatan dengan musim liburan. Peningkatan harga salak di manfaat oleh petani Salak pondoh menoreh yang bisa memanen Salak pondoh menoreh nya di luar musim panen.
Mengenai soal rasa, Salak pondoh menoreh mempunyai keunikan kalau di bandingkan dengan salak jenis lain. Salak pondoh menoreh lebih manis dan jauh dari rasa “sepet” yang sering orang jawa bilang. Dalam hal bentuk dan warna Salak pondoh menoreh hampir sama dengan salak jawa biasa. Salak jawa bisa kadang terasa sangat “sepet” hal ini yang membuat semakin sedikit petani salak yang menanam salak jawa.
Jika anda ke Kulon Progo Yogyakarta pastikan mendapatkan Salak pondoh menoreh sebagai oleh-oleh. Silahkan hubungi kami dan kami bisa mengantar Salak pondoh menoreh ke tempat Anda menginap. Dan jika sudah sampai di rumah di luar Yogyakarta kami akan dengan senang hati mengirimkan salak sampai di rumah. Cukup hubungi kami dan akan kami atur pengirimanya. Salah satu kelebihan Salak pondoh menoreh kami adalah kami memiliki kebun Salak pondoh menoreh sendiri sehingga harga lebih kompetitif, kesegaran Salak pondoh menoreh terjaga dan persedian Salak pondoh menoreh ada di kebun langsung.
Perlu Salak pondoh menoreh, segera hubungi kami di:
  • KPP Sadewa Sabrang Kidul, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta
  • PLIK Nanggulan 2 unit Showroom UMKM & Petani, Jl Wates-Sribit Km.7
        Watu Kodok, Banyuroto, Nanggulan, Kulon Progo Telp. 08562884595




Sumber.Harian Jogja  Sabtu, 11 Oktober 2014

No comments:

Post a Comment