PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Monday 8 December 2014

Jembatan Sambiroto Desa Banyuroto Akan Segera Terwujud



Kabar gembira pasalnya Puluhan warga Pedukuhan Gegunung Desa Sendangsari, Pengasih menyatakan mendukung rencana pembangunan Jembatan Sambiroto Desa Banyuroto Kecamatan Nanggulan. Dukungan dibuktikan dengan menandatangani berita acara persetujuan tanah mereka dipakai untuk jalan menuju jembatan tersebut. Dukungan juga disampaikan warga Pedukuhan Sambiroto dan tokoh masyarakat Sendangsari sekaligus Wakil Ketua sementara DPRD Kulonprogo Ponimin Budi Hartono yang menghadiri sosialisasi rencana pembangunan Jembatan Sambiroto di Balai Desa Sendangsari, Pengasih, Senin (22/09/2014).
"Warga kami sangat antusias mengikuti sosialisasi, sehingga 33 warga terkena dampak langsung rencana pembangunan jembatan tidak ada yang keberatan menandatangani berita acara," kata Dukuh Gegunung, Mitirejo.
Kasubag Sengketa Hukum Biro Hukum Setda DIY, Adi Bayu Kristanto menegaskan, rencana pembangunan Jembatan Sambiroto diawali usulan warga agar di desanya dibangun jembatan. "Kemudian dilanjutkan tahapan persiapan yang kami adakan sekarang untuk mendapat Ijin Penentuan Lokasi (IPL) Gubernur DIY," katanya.
Jika IPL Gubernur sudah turun proses dilanjutkan ke tahap pelaksanaan. Pada tahap itu DPU akan menunjuk tim independen penaksir harga tanah. Jadi pertemuan itu berhasil hanya bicara warga setuju rencana pembangunan jembatan bukan rembugan besaran kompensasi lahan menurut informasi Kabid Bina Marga DPU Kulonprogo Gusdi Hartono MT.
33 warga terkena dampak langsung rencana pembangunan Jembatan Sambiroto merelakan 1.605 meter persegi tanah yang dibutuhkan pemerintah untuk fasilitas jalan menuju jembatan tersebut dibebaskan. Dan Berita acara akan dilampirkan dalam berkas permohonanan IPL kepada Gubernur.
Tokoh masyarakat Banyuroto Bambang Nurcahya memastikan jembatan akan memperpendek jarak. Setelah ada jembatan, warga tidak perlu memutar sejauh sepuluh kilometer untuk sampai ke pedukuhan sebelah,
warga pemilik lahan sebagain besar adalah warga Gegunung. Dengan luas lahan yang terkena antara 80 hinga 360 meter per segi. Pembebasan lahan dilakukan sebagai tindaklanjut rencana Pemkab Kulonprogo membangun jembatan Sambiroto pada 2015 mendatang. Lahan yang dibebaskan merupakan jalan menuju jembatan.
Sumber: KR Jogja

No comments:

Post a Comment