PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Sunday 22 March 2015

Mari Bergabung Menjadi Duta Internet Cerdas, Kreatif & Produktif (CAKAP)



Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat, khususnya internet, membawa banyak manfaat dalam kehidupan masyarakat. Internet dianggap memberikan nilai tambah bagi perekonomian, pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat. Pada umumnya pengguna internet memanfaatkan layanan yang ada di internet seperti search engine, e-mail, dan chatting. Kehadiran portal berita dan media sosial tak luput menjadi daya tarik bagi pengguna internet.  
Di Indonesia, generasi muda dikenal sebagai heavy user, yaitu generasi yang paling banyak menggunakan internet dan paling sering menghabiskan waktu dengan internet. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Youtube, Instagram dan lainnya diketahui banyak diakses oleh generasi muda Indonesia. Tentunya hal tersebut dapat berdampak positif apabila digunakan untuk hal-hal yang positif dan bertanggung jawab. Namun, layaknya pisau yang bermata dua, internet juga dapat memberikan dampak negatif apabila digunakan untuk aktifitas seperti cyber bullying, porn, cyber stalking, cyber gambling, phising, dan sebagainya. Hal inilah yang perlu diwaspadai oleh orang tua, guru, masyarakat, dan pemerintah.
Untuk menciptakan iklim internet yang lebih positif, diperlukan sosok generasi muda yang menggunakan Internet dengan cerdas, kreatif, dan produktif sehingga dapat menularkannya di lingkungan sekitarnya serta masyarakat luas. Oleh karena itu, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan stakeholder dibidang pemberdayaan TIK mengadakan pemilihan Duta Internet CAKAP 2015 untuk mencari sosok generasi muda yang dapat memberikan pemahaman dan mempercepat getok tular penggunaan internet secara cerdas, kreatif, dan produktif di kalangan generasi muda.
Pendaftaran Calon Duta Internet CAKAP 2015 dapat dilakukan mulai tanggal 16 Maret hingga 14 Juni 2015. Seleksi dilakukan pada 15 Juni hingga 12 Juli 2015 untuk memilih Finalis Duta Internet CAKAP yang berhak mengikuti Bootcamp yang diselenggarakan selama 3 hari pada awal Agustus 2015.
Pada Bootcamp, para Finalis Duta Internet CAKAP akan mendapatkan materi dan workshop mengenai :
1. Cyber Ethics
2. Cyber Crime & Cyber Law
3. Pemanfaatan Internet
4. Teknik Berkomunikasi
5. Teknik Presentasi dan Teknik Menulis
Setelah dilakukan Bootcamp, para Finalis akan kembali ke daerah masing - masing dan mempraktekkan pengetahuan dan wawasan yang didapat selama Bootcamp untuk mempromosikan pemanfaatan Internet dengan Cerdas, Kreatif dan Produktif. Para finalis akan diberikan waktu 3 Bulan untuk melaksanakan promosi dan kemudian dilakukan penilaian terhadap apa saja yang telah dilakukan sehingga terpilih Duta Internet CAKAP 2015. Duta Internet CAKAP 2015 akan memulai debutnya secara nasional dalam Training of Trainer Internet CAKAP yang diselenggarakan di Jakarta pada Agustus 2015.
Untuk kedepannya, para Finalis dan Duta Internet CAKAP 2015 selain menjalankan tugasnya secara mandiri, mereka juga akan dilibatkan dalam kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diselenggarakan di daerah asal Duta Internet CAKAP tersebut untuk pemberdayaan dan peningkatan kapasitas Masyarakat dibidang TIK.


Sumber:http://dutainternetcakap2015.ucontest.info/statics/1125/Sekilas-Duta-Internet-CAKAP-20

No comments:

Post a Comment