PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Monday 23 March 2015

PENTAS PERDANA SENDRA TARI KOLOSAL SUGRIWA SUBALI - GUA KISKENDO


Sendratari Kolosal Subali Sugriwa akan didukung oleh para penari dan pengrawit sejumlah kurang lebih 100 seniman seniwati orang yang terdiri dari para pemuda pemudi dari Desa Budaya Jatimulyo. Dalam persiapan pementasaannya Dinas Budparpora Kulon Progo didukung oleh LPM Institut Seni Indonesia dengan pendanaan dari Dana Keistimewaan. Pada tahun 2015 ini pergelaran Sendratari Kolosal Subali Sugriwa akan dilaksanakan rutin setiap bulannya pada hari Minggu ke-3 mulai bulan Maret 2015 pada pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai di Pendapa Objek Wisata Goa Kiskendo. 





Kisah Subali Sugriwa yang merupakan bagian Epos Ramayana berkembang sebagai legenda di Goa Kiskendo. Kisah tersebut menjadi lakon dalam sendratari kolosal ini. Terdapat kemiripan antara Pegunungan Menoreh dan Goa Kiskendo dengan latar belakang cerita yang digambarkan dalam kisah Sugriwa Subali. Pegunungan Menoreh mirip dengan karakteristik alam yang begunung-gunung dan berbatu-batu dan Goa Kiskendo mirip dengan goa dengan nama sama, Kiskendo, yang sangat unik karena ada lubang menganga di atas goa. Sekilas Kisah Subali Sugriwa ini berkisah tentang kepahlawanan, kesetiaan, dan asmara sehingga sangat menarik untuk diangkat menjadi sebuah kemasan kesenian dalam bentuk sendratari kolosal. Hal inilah yang melatarbelakangi gagasan Bupati Kulon Progo sekaligus dalam upaya pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat sekitar khususnya, seniman seniwati.


Selain menjadi sarana hiburan dan ekspresi seni para seniman/seniwati yang terlibat dalam karya tersebut, pementasan ini juga diharapkan bisa mendorong peningakatan kunjungan wisata di Objek Wisata Goa Kiskendo dan peningkatan ekonomi masyarakat Jatimulyo dan Pegunungan Menoreh dan sekitarnya. Bagi masyarakat yang hendak menonton pentas ini tidak dipungut beaya, selain membayar tarif masuk / retribusi ke Goa Kiskendo Rp. 3.000,- per orang.




Jadwal pementasan adalah sebagai berikut: 22 Maret 2015, 19 April 2015, 17 Mei 2015, 19 Juli 2015, 16 Agustus 2015, 20 September 2015, 18 Oktober 2015, 22 November 2015, 20 Desember 2015.






Sumber : http://budparpora.kulonprogokab.go.id/

No comments:

Post a Comment