PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Thursday 15 January 2015

Puncak Suroloyo Tertinggi di Kulon Progo

Bagi orang Jogja, khususnya mereka yang tinggal di Kulon Progo pasti tak asing dengan nama Puncak Suroloyo. Obyek wisata ini terletak di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo, Jogja.
Untuk menjangkaunya bila dari Jogja bisa melalui Jalan Godean lurus ke barat hingga perempatan Kenteng, Nanggulan kemudian belok ke kanan. Dari tempat tersebut nanti akan masuk wilayah Kalibawang dan Puncak Suroloyo tidak jauh dari tempat tersebut.
Obyek wisata yang masuk dalam gugusan Bukit Menoreh ini berada pada ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut. Dari gardu pandang yang telah disediakan pengunjung dapat memanjakan mata untuk melihat jauh ke bawah. Bahkan Candi Borobudur bisa terlihat jelas dari tempat ini.
Candi yang sangat terkenal tersebut seolah terkekang oleh 4 gunung yang mengitarinya. Gunung tersebut adalah Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Merbabu.
Bila melihat ke arah selatan maka akan terlihat bibir pantai yang sangat indah. Terutama Pantai Glagah yang benar-benar mengundang decak kagum. Bila melihat ke arah timur tentu saja akan terlihat kota Jogja.
Untuk mencapai Puncak Suroloyo dibutuhkan sedikit perjuangan. Maklum saja adanya 286 anak tangga kadang tidak bisa dilalui sekali jalan. Ada sebagian pengunjung yang akan berhenti untuk sekedar tarik nafas atau minum.
Banyak dari mereka berhenti di anak tangga ke-100 dan tak lupa berfoto-foto ria. Banyak view yang bisa dipilih untuk mengabadikan momen indah. Bila sedang ramai harap sabar untuk antri.
Waktu yang paling tepat untuk melihat pemandangan adalah sejak matahari terbit hingga pukul 09.00 WIB. Kalau sudah terlalu siang bisa jadi kulit akan terbakar karena terlalu panas. Bisa juga datang sore hari sekitar pukul 16.30 WIB untuk melihat matahari tenggelam.
Saat sampai di puncak semua kerja keras tersebut akan terbayar sudah. Keindahan alam yang ada akan sejenak melupakan masalah yang ada. Terlebih ada sambutan dari hewan yang sangat indah seperti kupu-kupu dan burung kecil.
Di Puncak Suroloyo ada 3 tempat pertapaan yang bisa dipilih. Tapi ada baiknya untuk mencoba melihat pemandangan dari ketiganya agar tidak terjadi penyesalan kelak. Ketiga tempat tersebut adalah pertapaan Suroloyo, Sariloyo dan Kaedran.
Dari pertapaan Suroloyo dapat terlihat pemdangan yang sangat cantik dari Candi Borobudur, Kota Magelang, dan Gunung Merapi. Sedang bila di pertapaan Sariloyo dapat terlihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.
Dan yang terakhir ada pertapaan Kaendran yang memanjakan mata untuk melihat laut selatan khususnya Pantai Glagah dan kota yang masuk area Kulon Progo.



No comments:

Post a Comment