PLIK NANGGULAN 2 - SHOWROOM PETANI & UMKM KULON PROGO

PLIK NANGGULAN 2 MELAYANI:INTERNET-SALES-SERVICE-TRAINING-CONTENT DEVELOPMENT-SHOWROOM PETANI DAN UMKM UNTUK JASA PELAYANAN HUBUNGI PLIK NANGGULAN 2 DESA BANYUROTO KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO DIY 55671-BERSAMA KITA MEMBANGUN EKONOMI RAKYAT

Friday 16 January 2015

Lezatnya Ikan Air Tawar Duri Lunak Ala Mbah Juri

Rekomendasi buat kamu warga Jogja dan sekitarnya bila sedang berkunjung ke Kalibawang, Kulon Progo. Di area perbukitan Menorah itu ada tempat makan yang sangat terkenal yang bernama Warung Makan Mbah Juri.



Sangat disayangkan kalau dilewatkan karena ditempat ini disediakan berbagai menu yang bisa jadi tidak ada di tempat lain. Salah satunya adalah ikan air tawar duri lunak, makanan yang sangat aman untuk siapa saja karena telah mengalami proses diatas tungku tak kurang dari 4 jam.
Dengan cara memasak yang seperti itu maka bumbu akan meresap hingga paling dalam. Selain itu duri yang biasanya menjadi momok bagi anak kecil juga tidak perlu dirisaukan.
Atau mungkin ingin merasakan mangut bader. Rasanya tentu beda dengan mangut lele atau mangut belut karena bahan utamanya berasal dari ikan bader. Ikan ini banyak di dapat dari sekitar Kali Progo yang letaknya tidak jauh dari mereka tinggal.
Warung makan citarasa rumahan ini berada di tengah perkampung Slanden, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Mayoritas pembeli adalah mereka yang berwisata religi di Sendangsono karena letaknya memang tidak berjauhan.
Untuk menjangkaunya juga relative tidak sulit, hanya saja jarak yang harus ditempuh mencapai puluhan kilometer dari Jogja. Paling gampang untuk menuju tempat ini adalah dari Jalan Godean lurus ke barat hingga perempatan Kenteng, Nanggulan kemudian ambil kanan arah Kalibawang dan nanti akan ketemu Balai Desa Banjaroya dan letaknya tidak jauh dari situ.
Berbagai menu yang disediakan adalah ikan air tawar hasil tangkapan Kali warga sekitar. Dalam satu hari tak kurang dari 25 kilogram aneka ikan air tawar dimasak. Untuk melengkapi selera makan pengunjung juga disediakan berbagai sayur yang unik. Salah satunya adalah sayur lompong, sebuah tanaman yang getahnya terkena kulit akan menimbulkan rasa gatal.
Selain menawarkan ikan air tawar duri lunak dan mangut bader warung makan Mbah Juri juga menyediakan berbagai menu yang sangat lengkap seperti ayam goreng, gudeg dan berbagai sayuran. Soal harga tak perlu kuatir, tak akan menguras kantong dan tentunya sangat sepadan dengan kelezatan yang ditawarkan.
Proses memasak di tempat ini juga masih tradisional. Menggunakan bumbu-bumbu yang diulek langsung dan dimasak dengan tungku kayu. Para pembeli bisa datang langsung ke dapur untuk mememasan menu disuka.
Sebuah pengalaman yang mengasikan tentunya, berada diperkampungan tapi dapat menikmati berbagai olahan yang menawan. Tentu saja dengan berbagai pilihan ikan air tawar yang didapat dari Kali Progo.

No comments:

Post a Comment